Video

Seri video tutorial Jurnalisme Investigasi

KEJAHATAN yang merugikan publik kerap tersembunyi, sistematis, terorganisasi, dan tidak jarang melibatkan orang penting dan memiliki kekuasaan. Tidak mudah bagi jurnalis untuk membongkar dan mengungkap para pelaku kejahatan tersebut. Butuh pengetahuan, keberanian, dan teknik-teknik khusus.

Untuk itu, Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP) bekerja sama dengan Watchdoc memproduksi video tutorial jurnalisme investigasi. Pembuatan seri video reportase ini didukung oleh Kemitraan dan USAID.

Video yang terdiri dari lima seri ini diawali dengan gambaran tentang sejarah dan perkembangan jurnalisme investigasi di Indonesia. Bagian selanjutnya diuraikan tentang karakter apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis investigasi.

Perencanaan liputan dan metode penelusuran dijelaskan pada bagian ke-3 dan ke-4. Terakhir, video yang menerangkan pentingnya para jurnalis untuk memahami etika dan hukum sehubungan praktik jurnalisme investigasi. Untuk lebih jelas, sila disimak link di bawah ini.

#Sejarah Jurnalisme Investigasi di Indonesia

#Profil Jurnalis

#Perencanaan Liputan Investigasi

#Metode Penelusuran

#Etika dan Hukum