Inilah 10 Penerima Beasiswa Narrative Writing Scholarship

Kami mengucapkan terimakasih atas antusiasme dan partisipasi para calon penerima beasiswa Narrative Writing Scholarship. Sejak awal pengumuman hingga batas akhir pengiriman syarat pendaftaran Narrative Writing Scholarship, kami menerima sebanyak 180an calon penerima beasiswa. Semua mahasiswa. Ada mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi di Sumatera Utara. Ada yang dari Riau. Dari Jawa Barat. Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua…

Masing-masing calon memiliki latarbelakang jurusan keilmuan, minat, prestasi, dan pengalaman di luar kampus yang beragam. Sebagian besar juga cukup aktif dan mewarnai forum di media sosial dan internet dengan tulisan dan ekspresi yang berbeda. Meski beragam, ada benang merah dari keseluruhan calon penerima beasiswa. Kecintaan terhadap Indonesia dan kebanggaan akan keragaman di dalamnya. Ini setidaknya tergambar melalui esai-esai yang dikirim oleh setiap calon.

 

Suasana rapat tim seleksi untuk memilih 10 penerima beasiswa.
Suasana rapat tim seleksi untuk memilih 10 penerima beasiswa.

Ini membuat tim seleksi mengalami kesulitan untuk memilih di antara ratusan calon. Tim menyusun kriteria penilaian dan pembobotan terhadap esai yang telah diterima. Esai-esai yang masuk dinilai dari gaya penulisan, informasi yang disajikan, dan aspek kebaruan gagasan. Namun tim juga memberi bobot tinggi untuk tulisan yang memuat pengalaman personal terkait keberagaman dan kepekaan terhadap persoalan di lingkungan sekitar.

Setelah penilaian terhadap karya tulis yang masuk, tim memberi penilaian tambahan dengan membaca latarbelakang pengalaman di dalam kampus, dan keaktifan dalam kegiatan-kegiatan di luar kampus. Termasuk aktivitas di dunia maya melalui forum-forum media sosial. Ini menjadi penilaian yang tak kalah penting.

Tim memberi penilaian terhadap karya tulis dan kelengkapan administrasi calon penerima beasiswa.
Tim memberi penilaian terhadap karya tulis dan kelengkapan administrasi calon penerima beasiswa.

Selain diwajibkan menulis narasi panjang, kelak para penerima beasiswa akan diminta untuk membagi pengalaman-pengalaman selama berada di pelosok Indonesia. Ikut mempromosikan keunikan, keunggulan, dan kebanggaan di lokasi yang mereka kunjungi kepada khalayak melalui akun media social masing-masing.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat dan panjang, berikut adalah nama-nama penerima beasiswa Narrative Writing Scholarship:

No Nama Asal Perguruan Tinggi
1 Annas Chairunnisa Latifah Blitar Universitas Diponegoro, Semarang
2 Filisianus Richardus Victor Ketapang Universitas Panca Bhakti, Pontianak
3 Indri Moniaga Manado Universitas Kristen Indonesia Tomohon, Sulawesi Utara
4 Irene Aprilya Meok Kupang Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
5 Laras Olivia Mandau Universitas Islam Riau, Pekanbaru
6 Linda Fitria Madura Universitas Gajah Mada, Yogyakarta
7 M. Fiqie Haris Prabowo Jakarta Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Jakarta
8 Maflahah Brebes Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, Solo
9 Yepuni Giyai Manokwari Universitas Papua, Manokwari
10 Jofie Dwana Bakti Jakarta Universitas Gajah Mada, Yogyakarta

Kepada para penerima beasiswa, kami ucapkan selamat. Untuk tahap selanjutnya, panitia akan menghubungi masing-masing penerima beasiswa. []

Tim Seleksi:
Dicky Lopulalan
Rusdi Marpaung
Ignatius Haryanto
Hanif Suranto
Samiaji Bintang N

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>